Sabtu, 02 Oktober 2010

Iseng Part. 4

1. What's do you say for today?
> Welcome October!!!

2. What's are you doing today?
> Nyuci
> Jalan-jalan

3. Tugas apa yang mesti dikerjain?
> Banyak, ada:
  • Resume tentang estimasi likelihood
  • Buat kuisioner Riset Pasar
  • Memperbaiki semua laporan Riset Sosial
  • Laporan KP (diperbaiki)
4. Udah ngerjaiin semua?
> Belum hehehehehehe

5. Dasar, pasti malas..
> Iya emank hahahahaha

6. Film apa yang pingin banget kamu tonton?
> Resident Evil 3

7. Kegiatan apa yang pingin kamu lakuiin?
> Ngemall and actually shoping (tapi gag ada duit)

8. Apa ada sesuatu yang lagi kamu pingin lagi?
> Ada.

9. Apa itu?
> pingin nulis segala hal tentang statistika

***
Aduh rasanya kok kepingin banget ya nulis segala sesuatu tentang statistika. Secara itu jurusan tercinta ku. Sering aku dengar pas waktu berkunjung di perusahaan dan ditanyaiin orang sebenernya apa sih statistika itu? Dan apa manfaatnya.

Terus terang aku yang kuliah dijurusan itu tersinggung. HELLO 2010 masak gag tau guna statistik itu untuk apa. Bukan hanya untuk ngitung demografi penduduk dan quick count doank. Banyak banget deh manfaat statistika.

Statistik itu adalah ilmu yang mempelajari tentang datum. Datum adalah data. Data-data yang ada akan diolah sehingga dapat diketahui, dibaca dan bermanfaat oleh semua orang. Tidak sembarang data yang diolah. Contohnya aja bisa mengukur estimasi berapa pengaruh penyakit kelamin yang disebabkan oleh free sex walaupun sudah menggunakan "alat pengaman" atau tidak menggunakan. Disitu dapat diketahui apakah ada perbedaan antara yang memakai "alat pengaman" atau tidak dapat terkena penyakit. Keren kan??

Selain itu kalo kita juga dapat meramalkan sebuah produksi suatu perusahaan untuk beberapa bulan atau beberapa tahun mendatang. Itu yang disebut dengan forecast. Bukan hanya produksi tetapi memprediksi pertumbuhan, hasil pertanian, perkebunan dan lain-lain untuk ke depannya agar tidak salah langkah.

Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin aku kasih tahu statistika itu seperti apa. Fungsi dan peran statistika dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin lain kali aku akan berbagi ilmu tentang statistika.

***
Best Wishes,
Dhea Luuva♥

1 komentar:

  1. hahahahahah..
    sip sip dhe.....
    lanjutkan dan kembangkan menulis tentang statistik.

    (ngetest komen juga)
    HEHEHE

    BalasHapus