Rabu, 30 Maret 2016

Homemade Bread Recipe

Hari ini saya membuat roti tawar manis, rencananya sih saya buat untuk bekal sandwich adik saya yang masih SD. Adik saya ini tergolong mudah sakit kalau jajan sembarangan, jadi sejak taman kanak-kanak selalu bawa bekal dari rumah. Entah itu kue atau tahu kesukaannya. Sesempat ibu saya kalau masak. Berhubung hari ini saya lagi semangat membara memasak, saya membuat roti tawar agar tahan beberapa hari (sepertinya itu tidak mungkin sekali angkat pasti langsung ludes).

Nah berikut bahan membuat roti tawar manis.


Ingredient:

- 3 cup tepung roti (saya pakai cakra kembar)
- 1/4 cup susu bubuk (boleh diganti dengan susu cair, tapi nanti airnya dikurangi ya)
- 2 1/4cup ragi instan
- 1 1/4cup air hangat
- 2tbsp gula (jika suka manis boleh ditambah 1tbsp)
- 1tsp garam
- 2tbsp minyak sayur

Step by step:
  1. Masukkan sedikt gula kedalam air hangat lalu aduk, setelah diaduk masukkan ragi instan. Tunggu hingga ragi bereaksi (fungsi gula adalah mempercepat reaksi dari ragi)
  2.  Campur tepung roti, susu bubuk, gula dan garam aduk hingga rata.
  3. Masukkan air dan ragi tadi sedikit demi sedikit, masukkan minyak sayur lalu uleni hingga kalis
  4. Jika sudah olesi wadah dengan minyak sayur, masukkan adonan tadi lalu tutup dengan plastik wrap atau kain bersih dan istirahatkan kurang lebh 10 menit.
  5. Setelah adonan mengembang 2 kali lipat kempeskan lalu tekan-tekan agar udaranya keluar. Pipihkan adonan kemudian gulung membentuk tabung.
  6. Siapkan loyang persegi panjang olesi dengan minyak sayur atau mentega cair kemudian masukkan adonan ke dalam loyang.
  7. Istirahatkan lagi selama 10 menit tutup dengan plastik wrap atau kain bersih. Sambil menunggu panaskan oven kurang lebih 375 derajat celcius.
  8. Setelah 10 menit olesi adonan dengan mentega cair dan masukkan ke dalam oven. Panggang kurang lebih 40 hingga 50 menit.
  9. Voila!!! Jadilah roti tawar manis. Boleh ditambah wijen atasnya jika suka. Roti tawar ini bisa tahan selama 2 hari.
Selamat mencoba!!!

Best wishes,
Ria Dhea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar