Jumat, 02 Juni 2017

Pindah Apartemen ke Tedre

Beberapa bulan saya tinggal di Academic Hostel. Karena selama 2 bulan saya belum mendapatkan roomate pihak hostel memberitahukan saya untuk mencari roomate atau saya membayar dobel untuk bulan berikutnya. Akhirnya saya mencari roomate lewat facebook, sebenarnya yang ingin saya tanyakan kenapa ya kok harus saya yang harus cari roomate seharusnya sih pihak hostel yang mencarikan ya. Untungnya saat itu saya menemukan roomate yang berasal dari Mesir.

Awalnya sih...
Saya biasa saja sama roomate saya toh kita juga sesama muslim. Jadi gak masalah. Keanehan kemudian datang... Jeng jeng jeng...
Sumpah saya baru tahu ada orang sejorok dia! OMG cobaan apalagi Tuhan!!! Pakaian dalam tersebar dimana-mana, kopi, soda, teh beberapa minggu tidak dicuci sehingga menyebabkan jamur, sampah berserakan, bekas makanan berhari-hari yang tidak dibuang sehingga menimbulkan parfum alami bau sampah, makanan basi di dalam kulkas yang sudah expired, kadang dia merokok (padahal sudah ada peringatan kalau di dalam hostel tidak boleh merokok), dan yang paling parah kalau tidur dia tidak pernah pakai baju even pakaian dalam! Jujur ini pertamakali bagi saya dan itu sangat MENGERIKAN!!!
Bahkan kotoran hidung ditempelkan di tembok kamar. Yuuucksss!!! Jadi lady roomnya (tukang bersih-bersihnya) marah-marah dan dia billang ke saya, saya harus melaporkan ini segera ke pihak Hostel.

Di gelas warna putih itu sudah berjamur karena gak pernah dicuci



Sebelum saya lapor saya sudah peringatkan ke dia. Tiga kali sudah saya tegur sesuai sunnah Rasul dia secara baik-baik. Baik secara lisan atau lewat tertulis, tapi tidak ada itikad baik dari dia tetep aja jorok. Akhirnya saya marah ke dia tapi tetep deh kelakuannya kayak gitu. Bebal banget deh serasa  hidup bareng babi atau semacam tinggal bareng tong sampah. Soalnya baunya itu loh gaes mana tahan! 😭😭😭. Bahkan ada dua orang teman sekelas saya dan mereka juga penghuni hostel ini bilang "How you can live with the sh*t things, Ria! You should do something by the way! If I were you I will crazy and throw away that sh*t. Your roommate is f**king crazy" (Ini bule lho gaes yang ngomong. Bule aja bilang gitu apalagi eike yah!)
Akhirnya saya bilang ke pihak Hostel. Mungkin pihak hostel memperingatkan dia kali ya atau gimana saya kurang tahu. Dia sedikit berbenah. Beberapa hari kemudian kumat lagi (masih hitungan hari pulak 😭). Rusuh ya Tuhan!


Ini baru dibersihkan katanya

Tinggal di Academic Hostel sebenarnya tidak terlalu buruk, hanya saja saya pernah mendapatkan perlakuan yang menurut saya kurang adil. Beberapa minggu setelah kejadian itu pihak hostel email saya. Mereka bilang saya disuruh pindah ke single room dimana biaya sewanya 420 euro. Alasannya karena aktivitas ibadah saya menganggu teman sekamar saya. WHAT?! Saya ya gak terima dong wong saya aja kalau ibadah gak teriak-teriak. Ya kale kalau ibadah saya menganggu seluruh penghuni hostel! Padahal kalau teman-teman saya party saya tidak pernah protes padahal mereka kalau party musiknya itu bikin gak bisa tidur (saya pengalaman tuh padahal besoknya itu saya ujian!)
Bukannya seudzon ya tapi kalau dipikir-pikir bagaimana pihak hostel tau kalau saya pagi-pagi sholat subuh. Mungkin roomate saya yang bilang ya dan mungkin dia jengkel ke saya karena sering saya peringatkan we live together in this room. So, please, take a care your belonging and please throw away your trash. Bisa dibayangkan bagaimana ibadah sholat itu disebut menganggu dan menimbulkan suara berisik (dia hidup di Mesir dan Muslim seharusnya dia tahu kebiasaan ibadah orang Muslim itu seperti apa, bukannya mengkoreksi karena soalnya ibadah itu urusan dia dan Tuhan tapi maaf yang saya tahu dia ibadah sekali atau bahkan tidak pernah). Saya sholat gak pakai toa  (speaker) seperti di masjid. Masak iye saya ganggu. Padahal kalau saya wudhu jalannya itu pelan-pelan takutnya temen sekamar saya ganggu. Udah selesai sholat subuh saya tidur, sudah gitu aja baru jam 8 pagi saya bangun lagi terus mandi berangkat ngampus.

Sampah dan Pakaian Entah itu Kotor atau Bersih Jadi Satu

Saya email pihak hostel karena tersinggung ya, saya bilang, Tolong jangan melibatkan alasan kebiasaan ibadah saya. Saya ibadah bukan party yang menyalakan musik kencang atau berteriak-terik. Karena hal ini membuat bisnis anda nyaman saya akan pindah segera.
Daripada saya terus di baperin sama pihak hostel dan teman saya saya akhirnya memtuskan pindah. Gak urus ambek kown!
 Di Kolong Meja Itu Masih Banyak Sampahnya dan "Women Things"

Saya mencari-mencari apartemen yang dekat dengan kampus dan bus stop dengan dibantu teman saya yang berasal dari Indonesia. FYI karena teman Indonesia saya ini sedang fliriting dengan tetangga apartemennya jadi dia tidak mau saya ajak cari apartemen baru 😔😔 . Saya mencari apartemen yang kira-kira tidak ada biaya untuk broker apartemen sebab itu yang biasanya yang menyebabkan mahal. Mereka biasanya minta 20 sampai 50% dari harga sewa sebagai fee mereka belum ditambah deposit dan uang apartemen harus dibayar dimuka. Bayangkan berapa euro saya harus bayar. Padahal saya belum melakukan ritual Euro Trip 😵😵.

Akhirnya...
Teman saya menemukan apartemen di Tedre shared apartemen sih tapi sekamar sendiri. Harganya waktu itu 140 Euro kalau pas lagi Winter bisa sampai 300 Euro. Itu termasuk murah sih dibanding saya tinggal di Academic Hostel. Jarak dari apartemen ke arah kota bus stopnya cuma 2 menit. Kalau pingin ke kampus jalan dulu ke bus stop sekitar 5 menit lalu naik Trolley nomer 3 sekitar 10 menit. Cukup dekat. Udah gitu ada ibuk-ibuk yang bersihkan 1 minggu sekali. Jadi bersih banget! Yang paling menyenangkan adalah teman-teman saya tidak suka party jadi saya tidak perlu baperan kalau pas lagi ujian dan disebelah apartemenada SUPERMARKET favorit saya karena MURAH! Namanya MAXIMA itu murah banget dibandingkan Prisma atau Rimi atau Selver.
Pemilik apartemennya juga baik banget! Pemilik apartemen bilang kalau ada 2 orang yang tinggal disitu dan dia bilang teman-teman se-apartemen saya orangnya baik dan bersihan. Sedangkan yang satunya jarang pulang ke apartemen karena dia tinggal di luar kota. Intinya saya cuma tinggal berdua karena yang satunya jarang pulang.
Fasilitas apartemen standart ya ada tempat tidur, lemari, meja belajar, heater, shared kamar mandi (untung cuma bertiga), mesin cuci (ini yang saya suka karena gak perlu pakai koin), kulkas, dapur, wifi, living room (walaupun gak pernah ke pakai sih).

 Spot foto favorit saya. Foto ini adalah pemandangan dari kamar saya saat salju. Cantik banget dah. Maklum saya orang udik yang belum pernah lihat salju sebelumnya. Ini saya ambil dari sisi kanan.
 Spot foto favorit saya. Foto ini adalah pemandangan dari kamar saya saat salju. Cantik banget dah. Maklum saya orang udik yang belum pernah lihat salju sebelumnya. Ini saya ambil dari sisi kiri
 Beberapa sovenir boneka beberapa negara yang pernah saya kunjungi, tolong abaikan botol selai nuttela saya yang selalu kalap karena diskon. Btw, di eropa sini kadang Nutella diskonnya sering banget. Botol besar Nutella cuma 2.8 euro sampai 3 euro kalau pas prom. Bayangkan kalau di Indonesia itu berapa. Jujur nih selama saya di Indonesia tidak pernah yang namanya makan Nutella karena mahal. Sampai di Eropa saya selalu menstok Nutella, hasilnya berat badan saya naik 10 kilo pemirsah! 😯😯 dan susah untuk turun lagi 😢😢
 Ini workspace saya. Sedikit berantakan sih karena waktu itu saya sedang mengerjakan tesis maha dahsyat.
t
 Ini spot favorit saya berikutnya. Kasur!!! Saya cinta sekali dengan selimut saya. Menyesal sih kenapa dulu tidak saya pulang atau saya poskan. Soalnya anget banget dan lembut. Dalemnya bulu angsa lagi. Ughhh nyaman. Cuma 20 euro apa ya. Worth it banget dah! Coba kalau di Indonesia bisa berapa ratus-ratus ribu tuh. Saya belinya di JYSK dimana itu toko favorit saya karena murah-murah. JYSK itu kebanyakan adalah produk buatan negara Baltic jadi termasuk murah dibanding Ikea which is punya Sweden.
 Disini saya menyimpan bahan-bahan makanan dan alat makan. Terus biasanya saya jemur pakaian disini juga karena menurut saya cepet kering dibanding jemur diluar. Karena dekat dengan heater.
 Jendela kamar saya saat malam

Best wishes,
Ria Dhea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar