Minggu, 24 Desember 2017

Resep Makaroni Schotel


Libur panjang tiba!

Waktu cepat sekali berjalan. Tidak terasa sudah di penghujung tahun 2017. Sering banget teringat masa-masa kecil. Jadi, saya empat bersaudara. Saya adalah anak pertama 2 orang adik saya perempuan bekerja di tempat berbeda. Jadi, di rumah hanya ada orang tua saya dan adik laki-laki saya yang paling bontot. Kalau libur panjang seperti ini kita bisa kumpul.
Dulu waktu kita kecil sering banget kita itu bertengkar hal-hal sepele. Sampai sering membayangkan kalau saya jadi anak tunggal, enak bisa dimanja dan semuanya adalah milik saya. Seiring berjalannya waktu kalau dipikir-pikir jadi anak tunggal itu enggak enak. Rumah sepi dan gak ramai.


Seringkali waktu kita kecil berdebat hal-hal enggak penting. Pokoknya saya dan saudara-saudara saya punya love hate relationship. Kalau yang satu enggak ada pasti dicariin disuruh cepet pulang. Nah, berhubung adik saya nomer 2 dan nomer 3 itu sering protes kalau mereka pulang saya enggak masak-masak, liburan ini mereka request dibikinkan sesuatu. Sedangkan adik saya yg nomer 4 itu suka merengek kalau enggak ada makanan. Akhirnya kemarin Sabtu, 23 Desember kemarin aku bikin makaroni schotel dan es lilin susu. Es lilin susu resepnya menyusul yes.
Resep makaroni schotel ini saya dapat dari instagramnya tintinrayner, dengan sedikit modifikasi. Di resep makaroni schotel itu full keju, nah kalau saya enggak seberapa suka keju dan asin akhirnya kejunya saya kurangi takarannya. Yuk ini dia resep makaroni schotel.

Ingredients
2 sdm margarin/mentega/butter (aku pakai blue band)
1 buah bawang bombay ukuran sedang
3 buah sosis ayam atau daging
1 kaleng tuna
200 gram makaroni
350 ml susu cair (aku pakai susu full cream ultra milk)
4 butir telur
100 gr keju cheddar parut
garam secukupnya
lada secukupnya
50 gr keju cheddar parut (untuk taburan)
parseley secukupnya (aku skip, soalnya lupa kalau ternyata di kulkas ada banyak. Biar cantek aja sih kalau pakai parseley 😁)

Saus Putih:
2 sdm margarin/butter/mentega (aku pakai blue band)
2 sdm tepung terigu (aku pakai segitiga biru)
50 ml susu cair (aku pakai susu full cream ultra milk)

How to make
1. Rebus makaroni selama kurang lebih 8-9 menit. Sisihkan lalu beri minyak sedikit supaya tidak lengket.
2. Panaskan teflon, masukkan margarin/butter/mentega.
3. Masukkan bawang bombay lalu tumis hingga harum
4. Masukkan sosis yang telah dipotong dadu, kemudian tuna kaleng lalu tumis sebentar hingga harum.
5. Masukkan makaroni rebus ke dalam tumisan aduk sebentar dan perlahan. Apinya kecil saja yah pemirsaahh
6. Tuang susu ke dalam baskom kecil bersama telur dan keju lalu aduk rata. Kemudian masukkan ke dalam adonan dengan api yang kecil juga.
7. Tambahkan garam dan merica aduk perlahan sampai merata kurang kebih 3 menit. Sisihkan.

Sekarang bikin saus putihnya ya
1. Panaskan teflon kemudian masukkan mentega/margarin/butter. Biarkan meleleh
2. Masukkan tepung terigu yang telah diaduk cepat dengan menggunakan susu cair
3. Kemudian masukkan campuran tepung terigu dan susu cair ke margarin/mentega/butter yang telah dilelehkan tadu. Ingat apinya harus kecil sekali.
4. Aduk hingga mengental
5. Matikan api

Yuk balik lagi ke makaroninya yes.
1. Siapkan tempat untuk memanggang makaroni schotel-nya. Saya pakai aluminum foil cup kecil-kecil (lupa pakai ukuran berapa kali berapa).
2. Tuang adonan makaroni schotel sekitar 1 sdm lalu beri saus putih di atasnya. Kemudain tuang lagi adonan makaroni schotelnya lagi. Lalu tuang lagi dengan saus putih diatasnya. Taburi keju parut dan parseley kering diatasnya.
3. Oven selama kurang lebih 15 menit dengan suhu 180 derajat. Aku pakai api bawah dan atas ya.


Siaaap dinikmati. Beri saus pedas supaya mantap!!!
Ini bisa untuk 24 cup aluminium foil porsi kecil 😍
Selamat mencoba!

Salam,
Ria Dhea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar