Minggu, 31 Desember 2017

[UPDATE!!!] [Indonesian here] How to Apply Visa Schengen for Estonian Embassy


Halo semuanya!!!
Beberapa pembaca banyak yang menanyakan seputar apply Visa Estonia. Beberapa aturan telah direvisi ya terkait aplikasi visa untuk visa.

Silahkan follow Facebook atau Twitter PPI Estonia untuk info terbaru [Budayakan membaca secara detail terlebih dahulu sebelum bertanya]:
Facebook: PPI Estonia FB
Twitter: PPI Estonia Twitter


Saya cukup sering mendapat email atau message lewat facebook atau instagram saya, terkait pembuatan visa Estonia baik itu pelajar, wisatawan ataupun yang akan mencari pekerjaan di Estonia. Mengingat saya dulu juga kebingungan bagaimana saya apply visa Estonia, sedangkan di Indonesia sendiri tidak ada konsulat Estonia.
Saya bertanya ke PPI Estonia, kemudian saya juga berkonsultasi dengan Erasmus Coordinaton di Tallinn University of Technology (Kerti dan Siyi). Saya sangat bersyukur saya mendapat bantuan informasi dari alumni Erasmus+ (kebetulan beliau adalah kakak teman seangkatan saya), kemudian para anggota PPI Estonia, dan Erasmus Coordination.

Waktu itu ada yang menyarankan saya ke kedutaan besar Norwegia, karena beberapa orang berhasil lolos menggunakan visa Schengen yang dikeluarkan oleh kedutaan Norwegia. Namun, Kerti saya menyarankan saya untuk apply visa Schengen di kedutaan Finland, mengingat kata beliau Finland adalah negara terdekat dengan Estonia untuk proses selanjutnya seperti ijin tinggal sementara akan diurus di Tallinn sesuai dengan peraturan yang ada di website imigrasi Tallinn. Selain itu, Kerti juga membuatkan surat pengantar bahwa saya akan apply visa di kedutaan besar Finland.


Semua persyaratan telah saya lengkapi sesuai dengan website kedutaan bessar Finland untuk apply visa Schengen melewati Finland. Sebelum saya mendatangi kedutaan saya bikin janji terlebih dahulu dengan pihak kedutaan kapan saya dapat memasukkan berkas saya. Kemudian saya mendapat hari dimana saya dapat mengumpulkan berkas saya. Setelah menunggu 14 hari kerja visa Schengen saya yang dikeluarkan oleh Embassy of Finland telah selesai dan dapat diambil. Anyway, saat itu saya mendapat visa tipe C dimana itu turis. Nah pusing kan!

Info terbaru yang saya dapatkan dari beberapa rekan saya yang saat ini sedang study di Estonia, mereka tidak dapat menggunakan cara seperti saya lagi. Ada yang disarankan oleh International Relationship masing-masing kantor untuk meng-apply visa Schengen untuk study di kedutaan besar Estonia terdekat. Misalnya Singapura, Jepang, China, atau India. 2 tahun yang lalu saya mengurus ijin tinggal sementara selama 10 bulan di kantor imigrasi dan kantor polisi di Tallinn.
Jika kalian mengurus ijin tinggal sementara di Embassy of Estonia terdekat misal di Jepang kalian akan mendapat jenis visa yang berbeda. Untuk Resident Permit cardnya dapat dikirim atau dapat diambil di kantor polisi Tallinn.
Namun info yang saya dapatkan tahun 2015 kemarin, teman saya ada yang menggunakan cara seperti saya yaitu apply visa Schengen kemudian mendapat visa tipe C atau turis seperti saya dan akan mengurus Resident Permit di Tallinn nantinya. Ketika tiba di Tallinn, teman saya tidak bisa mengurus Resident Permit cardnya itu di Tallinn, jadi dia harus mengambil di Riga, Latvia.

Nah bagi teman-teman yang ingin apply visa Schengen lewat Estonia terutama untuk ijin tinggal belajar sebaiknya baca baik-baik syarat dan ketentuan di website imigrasi Estonia (bisa dibaca disini). Selain itu, saya sangat menyarankan selalu berdiskusi dengan International Office dimana kalian akan study atau dapat berdiskusi dengan PPI Estonia via facebook atau twitter.

Semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat.

With love,
Ria Dhea

Tidak ada komentar:

Posting Komentar