Sabtu, 09 Juli 2016

Trip to Oslo, Norway [Bagian 1]

Dear Fellas,

Saya akan berbagi pengalaman saya travelling di salah satu negara di Eropa Utara yang memiliki suhu luar biasa dngin.

Nowegia salah satu negara di kawasan Scandinavia dengan ibukota Oslo. Norwegia merupakan negara ke-dua yang saya datangi ketika saya di Eropa setelah Finlandia (saya akan membahas lain waktu karena saya beberapa kali pergi ke sana, mengingat jarak Tallinn dan Helsinki seperti Jawa dan Madura). Sebenarnya, saya sama sekali tidak memiliki rencana untuk pergi kesana. Namun, karena ajakan dari teman saya mengiyakan ajakan dia. Jika dipikir-pikir saya menghabiskan beberapa euro lebih boros karena saya berangkat dari Tallinn dengan feri lalu menuju Helsinki naik bus lagi menuju bandara Helsinki (tau sendiri lah ya transport di Helsinki itu mahalnya minta ampun 3 kali lipat dibanding di Talinn yang super murah). Apa boleh buat, mumpug saya sedang di Eropa kapan lagi lagipula ada teman yang mengajak. Tapi semua itu terbayar sudah ketika saya mengunjungi Oslo dengan uang saku pas-pasan. Lagipula saat itu Norwegan air sedang ada promo 65.30 Euro per orang pulang pergi (salah satu liburan termahal saya). Saya berangkat tanggal 29 November 2014, dan kembali ke Helsinki tanggal 30 November 2014.

Saya berangkat dari bandara Helsinki pukul 7.15 am dan sampai Oslo-Gardemoen pukul 7.45 am. Dari bandara Gardemoen menuju Oslo Central Station saya dan teman saya harus naik kereta cepat sekitar 35 menit. Waktu itu saya dan teman saya bingung membeli tiket kereta karena biasanya mahasiswa atau pelajar mendapat diskon. Untuk itu kami meminta tolong petugas untuk memandu kami menggunakan mesin tiket otomatis. Harga tiket kereta sekitar 75 NOK (Norwegian Krone) sekitar 5 Euro, karena kami adalah pelajar kami mendapat diskon 25% dengan menunjukkan kartu ID pelajar kami kepada petugas.
Saya sangat bersyukur mendapat kartu debit dari kampus yang bisa digunakan di negara manapun sangat fleksibel dan praktis. Teman saya yang travelling bersama saya tidak memiliki fasilitas kartu debit seperti saya, milik teman saya hanya dapat digunakan di Finland saja. Sangat merepotkan karena jika ingin membeli tiket pesawat tidak dapat menggunakan kartu debit yang dia miliki. Kembali ke tiket kereta cepat tadi, setelah kami membeli tiket kereta kami menunggu kedatangan kereta, ketika kami masuk ke dalam kerta kami sangat terkesan dengan kereta yang membawa kami menuju central station. 

 source: koleksi pribadi



Waar biasa bagussss sekali dan sangat amat nyaman. Dari beberapa negara yang saya kunjungi kereta milik Norway mengena sekali dihati saya. Nomer 1 deh untuk kenyamanan. Btw, tau dong ya Norway salah satu lokasi yang digunakan dalam film animasi disney yang terkenal, Frozen, tepatnya di pegunungan Fjord. Namun, menuju kesana sangat mahal. Perlu sekitar 100 Euro lebih menuju tempat wisata tersebut. 



Setelah kami sampai di Central Station, kami mencari hostel yang kami pesan, Anker Hostel, di jalan Storgata 55, Grünerløkka (sampai saat ini saya bingung cara membacanya). Harga hostel untuk 2 orang 450 NOK atau sekitar  (27,78 Euro)/malam jadi per orangnya sekitar 14 Euro. Itu adalah hostel yang murah saat saya memesan fasilitas female bed, wifi, namun tidak ada breakfeast. Oiya, saya dulu memesan hostel via www.booking.com,. atau dapat menggunakan www.hostelworld.com yang biasanya gratis jika kita cancel pesanan hostel kita.

 source: koleksi pribadi


Kemudian kami meneumukan hostel yang kami pesan, kami sarapan dulu untuk menghemat dan supaya tidak kelaparan di tengah jalan. Maklumlah uang beasiswa masih lama turunnya hehehehe selain itu sungguh travelling saat musim dingin bikin cepat lapar dan capek (alibi ingin kuliner juga). Saat itu di Norway sedang peralihan musim gugur ke musim dingin. Bisa dibayangkan suhunya minus 12 sampai minus 15, super dingin jadi saya prepare baju dan jaket tebal.

Saya dan teman saya ngobrol sebentar dengan resipsionis hostel lalu resepsionis hostel menyarankan mengunjungi tempat wisata yang ada di Oslo. Dia menyarankan untuk berjalan kaki agar kami dapat menikmati perjalanan karena dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain sangat dekat, selain itu transport di Oslo juga mahal. Dengan berbekal peta dari hostel dan saran resipsionis hostel kami melanjutkan perjalanan menuju tempat wisata pertama.

source: koleksi pribadi

Bersambung...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar