Rabu, 08 Juni 2022

Konten Kreator Biologi Efa Riana

Ada pepatah bilang, 

"tak kenal maka tak sayang"

Kemarin Senin, 6 Juni 2022 benar-benar jarang buka WA. Waktu liat WA waw udah 150-an chat di grup. Karena penasaran ternyata tugas kali ini adalah mewawancarai teman sekelas. Saya suka bingung baca WAG yang chatnya sudah menumpuk harus membaca satu persatu. Akhirnya, saya mendapat teman. Yaaaass!! Adalah mba Efa Riani seorang ibu dengan 2 orang anak dan insya Allah akan lahir anak ke-3 bulan Desember nanti. Semoga lancar ya mba Efa. Saya pun selalu excited ketika mendengar kenalan saya melahirkan.  Yuk mari kenalan dengan mba Efa.

Youtuber juga... 

Karena ini adalah kelas blog tentu saja saya meminta mba Efa untuk membagikan blog yang ditulis. Yuk mari kita intip blog mba Efa (langsung klik aja ya bestie). Mba Efa ini asalnya dari provinsi Riau. Tepatnya di Kabupaten Bengkalis Kota Duri salah satu daerah penghasil minyak bumi yang dulu sempat dikelola Chevron (wah kalau ini siapa yang tidak kenal dengan perusahaan energi dari U.S) dan sekarang sudah di ambil alih Pertamina. Rupanya mba Efa ini bukan sekedar ibu biasa, waktu saya tanya beliau juga sibuk upgrade ilmu. Bahkan jadi salah satu siswa di kelas Bunda cekatan Institut Ibu Profesional dan dalam program mentorship Youtube content creator. Saya juga kepo dengan akun Youtube milik mba Efa bisa merapat disini. Waktu liat Youtube mba Efa jujur saya jadi lapar terutama ketika mengolah ikan cangu kemudian dibakar. Asli saya paling lemah dalam urusan makanan.

source: YT Efa Riana
(yang bikin saya salah fokus dari tadi, karena saya penyuka seafood)

Ini salah satu video yang dibuat oleh mba Efa. Mba Efa juga senang memasak dari bahan-bahan yang ada di sekitar rumahnya. Ada sayur rebung yang rebungnya super gede. Lagi, kerang bulu yang belum pernah saya coba. Entah itu rasanya mirip seperti kerang dara yang sering saya temui di pasar atau tidak. Sering-sering bikin seperti ini ya mba hehehehe. 

Pecinta Biologi dan alam

Mba Efa memiliki latar belakang pendidikan di bidang Biologi karena kesukaannya dengan alam. Mba Efa juga memiliki cita-cita yang mulia sejak SMP yaitu menjadi seorang akademisi di bidang Biologi kesukaannya. Saya sangat salut sejak SMP mba Efa sudah tau benar keinginannya. Menurut mba Efa dengan menulis di blog ilmu yang dipelajari selama kuliah magister akan terus melekat. Terutama bila ilmu tersebut ternyata bisa bermanfaat untuk pengunjung yang membaca blognya. Saya bisa merasakan semangat mba Efa melalui percakapan yang kami lakukan melalui WA.

Coba saja ketika mampir ke channel mba Efa selain disuguhkan oleh masakan, mba Efa juga menambahkan nama latin untuk setiap hewan dan tumbuhan yang dimasak. 

Punya hobi membuat kerajinan tangan dan DIY tumbuh kembang anak

Mba Efa selain mempelajari banyak hal juga sudah senior dalam hal parenting. Kebetulan saya masih memiliki satu anak. Ada banyak hal yang berubah termasuk hobi jadi saya penasaran ingin tahu apakah ada bedanya hobi setelah punya anak dan sebelum punya anak. Dan ternyata mba Efa ini suka crafting saya sangat menyukai juga kerajinan tangan. Salah satu wishlist saya tahun ini adalah ikut kursus tenun. Bahkan hasil dari kerajinan yang dibuat mba Efa juga ada di konten Youtubenya dan dibuat untuk mengasah keterampilan motorik pada anak. Tidak terpikirkan oleh saya ternyata membuat anyaman dari kertas bisa melatih keterampilan pada anak. Mba Efa tidak hanya asal membuat tapi menurut tumbuh kembang Kemendikbud.

Ketika saya melakukan komunikasi dengan mba Efa beliau juga menyediakan game edukasi untuk anak usia dini. Seperti busy pack untuk anak ketika bulan Ramadhan. Seperti membuat anyaman yang berbentuk ketupat kemudian jam penunjuk waktu sholat sebagai alat peraga dan bisa diputar-putar. Ini adalah salah satu contoh juga hasil buatan mba Efa. Bisa juga mampir ke akun instagram mba Efa siapa tahu tertarik.

source: busy pack mba Efa

Keinginannya benar-benar jelas tergambar dalam peta

source: peta belajar milik mba Efa

Saya tidak heran mba Efa membuat peta belajar tentang konten Biologi. Goalsnya pun juga jelas yaitu ingin membuat konten tentang sains. Menjadi konten kreator Biologi banyak sekali yang harus dipersiapkan. Mulai dari sumber bacaan yang berasal dari

  1. Biology Campbell
  2. Buku ajar Biologi
  3. Jurnal ilmiah terakreditasi
Tidak hanya itu, membuat konten harus up to date sesuai dengan kebutuhan di masa sekarang dan di peta tersebut mba Efa mencari sumber baru dari berita terkini, lingkungan sekitar dan tentunya dari artikel ilmiah terbaru yang diterbitkan. 

Sesibuk apapun, prioritas seorang ibu adalah keluarga

Sewaktu saya menanyakan bagaimana caranya membagi waktu dengan banyaknya aktifitas menjadi super mom patokannya adalah dirinya ada dalam setiap waktu  anak-anak dan suami. Saat anak-anak dan suami aman terkendali baru bisa melakukan kegiatan yang disukai dengan waktu "kerja" di rumah. Freetime itu menurut mba Efa adalah waktu setelah mengantar anak sekolah pukul 08:00 - 10:00. Waktu tidur siang anak 14.00 - 16.00, dan malam hari pukul 20:00- 23:00.Meskipun mba Efa ini memiliki banyak sekali aktifitas ternyata seorang ibu tetap mengutamakan keluarga. Sesibuk apapun keluarga nomor 1. Ya saya sangat setuju karena ibu adalah nahkoda dalam sebuat bahtera.

Satu hal lagi yang pelajari dari mba Efa, adalah kebesaran hatinya menerima takdir yang diujikan kepadanya. 

"Ikhtiar milik manusia, tapi penentu hasil mutlak milik Allah."

Regards,

Ria Dhea, 

4 komentar:

  1. MasyaAllah.. mba Efa memang juara ❤ sudah jadi ibu tapi tetep upgrade ilmu.. MasyaAllah

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus ya mba, merasa kok semakin bertambahnya usia ilmunya kok tdk berkembang. Seamnagt buat kita upgrade ilmu

      Hapus
  2. di zaman teknologi bnyak ank yang lebih suka maen gadget, mbak efa riana memberikan konten-konten edukatif untuk mengasah motorik anak dengan bermain crafting, masyaallah keren sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mba, sayapun juga tidak terpikirkan ternyata dengan bahan sederhana bisa melatih motorik pada anak

      Hapus