Senin, 14 Maret 2022

Belajar Blogging

"No need to hurry. No need to sparkle. No need to be anybody but oneself " -- Virginia Woolf

source: foto pribadi

Dear bloggers,

Tema yang saya ambil kali ini adalah cara menjadi bloger pemula. Saat ini saya pun masih dalam tahap proses belajar. Walaupun blog saya ini cukup lama tahun 2009 tapi semakin bertambahnya tahun tidak ada progress yang signifikan untuk menambah isi di blog saya. Bisa dibilang saya pun masih pemula. Padahal setiap tahun saya selalu membuat wishlist di agenda saya yaitu rutin mengisi blog saya supaya tidak sepi. Terutama sudah dipenuhi dengan sarang laba-laba. Lihat saja tahun kemarin saya hanya dua postingan 😝.

Dulu saya suka sekali membuat quotes atau gambar GIF di Tumblr dari buku yang sedang saya baca atau film yang menurut saya memorable, kemudian saya post di blog saya. Saya juga suka menulis paling sering di buku harian saya. Walaupun saya sudah menjadi ibu saya masih menulis di buku harian saya. Meski tidak sesering ketika belum menikah 😁.

Dulu saya juga suka mengganti header atau tema atau tata letak blog saya. Sampai saya ke warnet berjam-jam atau menghabiskan kuota internet demi terlihat blog saya goodlooking menurut saya. Sampai tahun 2011 saya menemukan tema blog dan font yang sesuai dengan saya. Saya juga memfollow kreator dari tema blog saya di Twitter. Sampai sekarang saya masih menyukai tema blog saya terutama bagian fontnya.  Header pun saya buat dari foto yang saya ambil didepan apartemen saya ketika saya study exchange. Saya benar-benar takjub bisa melihat salju sedekat itu. Ya saya sangat menyukai salju (namun Winter pernah membuat saya depresiπŸ˜“). Sampai saya menggunakan slogan dari buku favorit saya Game of Throne dari klan Winterfell "Winter is coming." Makanya saya enggan untuk mengganti header atau tema saya.

Kebetulan,

Teman kerja saya pernah tanya-tanya bagaimana caranya membuat tema di blog seperti punya saya. Tapi saya juga lama sekali tidak pernah mengutak-atik blog saya sejak kira-kira 10 tahun yang lalu karena bayak sekali agenda terutama karena malas πŸ˜…. Sudah malas banyak alasan pula 🀣. Nah, sekarang blog teman saya malah lebih progress daripada punya saya. Bisa dikunjungi di blog teman saya di link ini.  Jadi, saya pun sebenarnya adalah blogger pemula. Karena tahun ini saya harus benar-benar mencentang wishlist saya untuk rutin saya harus belajar lagi dari awal.

Salah satu bentuk ikhtiar,

Mengupgrade ilmu ke blogingan adalah dengan mengikuti challenge yang diadakan oleh blogspedia dan kak maritaningtyas . Salut sekali ternyata banyak sekali perempuan di luar sana yang tulisannya bagus seperti blog mama razin (terimakasih telah mampir ke blog saya, salam kenal 😁). Wawasan saya menjadi bertambah. Saya merasa lebih produktif seperti sebelum-belumnya serta meneruskan hobi saya menulis.

Beruntung sekali saya memfollow akun blogspedia atas rekomendasi teman saya. Sehingga saya dapat mengikuti challenge ini,

Saya menulis tema yang disediakan oleh blogspedia mulai dari peristiwa yang sedang relate dengan saya. Seperti sebuah kebetulan. Sebenarnya tanggal 11 Maret kemarin saya ingin menulis tema tentang kado ulangtahun perkawinan kami, kebetulan bulan Februari kami merayakan ulangtahun perkawinan kami. Namun saat itu, tapi saya sedang bertengkar dengan suami saya jadi saya tidak mood untuk menuliskan hahahaha πŸ˜‚.

Saya mendapat benang merah maksud dari blogspedia penilaian challenge konsisten yang diutamakan. Posting sekaligus dalam satu waktu akan mengurangi penilaian. Saya pernah membaca sebuah buku yang lupa judulnya, 

"Untuk membuat kebiasaan baik diperlukan waktu 40 hari untuk menjadi terbiasa. Sedangkan hanya butuh 14 hari untuk melupakan kebiasaan baik tersebut"

Kebiasaan yang tidak baik cepat sekali kan tidak berbekas. Dari situ saya bisa menyimpulkan bukan banyak tidaknya kita posting dalam satu waktu namun konsisten dalam menulis itu sangat amat diperlukan. 

Jujur,

Tema yang diberikan oleh tim blogspedia itu menurut saya beberapa yang agak susah. Dan itu mungkin akan saya kerjakan di postingan terakhir hahahaha. 

Salah satu yang saya sukai dari kebiasaan ngeblog adalah pikiran saya menjadi terasah dan terus terang saya selalu mendapatkan hal baru. Seperti review buku contohnya. Saya menjadi sering sekali mampir ke Goodreads dan mencari referensi buku bacaan yang saya sukai. Bagi yang pernah melihat serial Netflix Inveting Anna pasti familiar dengan quotes Vivian Kent 

"Kamu bisa saja menghilang tapi Google tidak akan pernah menghapus jejak digital mu"

Nah seru kan, dengan menulis di blog mungkin menjadi amal jariyah yang tidak pernah kita tahu. Misalkan, salah satu tips kita berguna bagi orang lain. Review kita tentang buku atau makanan berguna bagi orang lain. Terutama seorang seperti saya, saya harus benar-benar meriset barang yang hendak saya beli terutama jika barang tersebut menyangkut barang berat alias barang mahal. Sering sekali saya mendapatkan rekomendasi yang sangat berguna dari blogers.

Seperti yang telah saya tulis tadi karena saya masih pemula langkah pertama saya adalah mengikuti challenge ini. Semoga saya tetap konsisten walaupun challenge ini sudah berakhir. Sehingga wishlist saya yang dibuat selama bertahun-tahun akhinya terchecklist. Tidak ada kata terlambat untuk para beginner seperti saya belajar ngeblog.


Best wishes,

Ria Dhea

1 komentar:

  1. Makasiih udah di mention 😍
    Wah sama, udah punya blog sejak 2009. Tapi sempat terbengkalai. Terus akhirnya buat blog baru wkwk
    Memang bagian yg sulit ketika menjadi blogger itu konsistensi ya. Salah satu solusinya ikut komunitas/punya temen sesama blogger yg produktif
    Semangat kak ❤️

    BalasHapus